Pertanyaan terkait pentingnya sebuah bisnis online memiliki website ibarat kaset rusak yang terus saja diputar. Padahal, di era serba digital seperti sekarang hampir semua orang terhubung ke internet ketika ingin melakukan berbagai hal. Mulai dari belanja pakaian, beli makanan, promosi karya, mencari jodoh, bahkan hingga mencari uang.

Peran website bagi bisnis online tentu sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Ada banyak manfaat dan solusi yang bisa ditawarkan bagi bisnis hanya dengan membuat sebuah website. Nah, jika kamu masih belum yakin terkait benefit yang akan didapatkan, berikut ini sudah kami rangkum beberapa poin yang bisa kamu jadikan sebagai alasan.

Pentingnya Website Bagi Bisnis Online

1.Menegaskan Profesional Bisnis di Mata Klien

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh sebuah bisnis adalah meyakinkan calon pelanggan. Entah karena produknya berkualitas, lebih murah, atau bisnisnya yang kredibel. Kamu bisa menambah faktor ini dengan membuat website profesional. 

Bagaimana cara membuat website profesional? Gampang, kamu tinggal beli hosting murah dan menyiapkan nama domain TLS. Setelah itu, install CMS WordPress dan cari template berbayar maupun gratisan yang banyak tersebar di internet.

2.Mempermudah Proses Pengumpulan Data dan Leads

Website tidak hanya sekadar infrastruktur untuk membuat sebuah bisnis terlihat profesional. Namun, website juga bisa menjadi media untuk mengumpulkan data calon pembeli atau leads yang berpotensi menjadi pelanggan. 

Teknik ini sudah banyak dibuktikan oleh berbagai perusahaan besar. Sebagai contoh, ada perusahaan asuransi yang membuat website company profile dengan konten-konten informatif terkait asuransi. Kemudian di setiap konten atau artikel yang dipublikasikan, mereka mengajak para pembaca untuk mengisi formulir online jika tertarik untuk mendapatkan penawaran paket asuransi.

Cara seperti ini juga bisa kamu gunakan untuk memperbesar calon pelanggan jika kamu punya bisnis jasa jahit pakaian, jasa laundry kiloan, jasa konveksi, rental mobil, atau pembuatan website.

3.Memperluas Jangkauan Target Pasar

Jika jaman dulu sebuah bisnis hanya bisa beroperasi di sekitar domisili kantor, dan perlu membuka cabang di kota lagi agar punya banyak konsumen baru. Di era digital seperti sekarang kamu bisa memperluas target pasar dengan bantuan website, tanpa perlu punya banyak kantor cabang.

Hal ini bisa dilakukan karena website bisa diakses tanpa adanya batasan wilayah atau negara. Kamu bisa menjangkau calon pelanggan dari mana saja, baik Indonesia atau mancanegara. Sangat menarik, bukan?

4.Sebagai Branding dan Promosi Digital

Branding dan promosi merupakan salah satu senjata bagi para pebisnis, tidak hanya untuk bisnis di era digital, tapi juga bisnis konvensional. Kamu bisa mengoptimalkan strategi branding dengan membuat website company profile, toko online, atau bahkan blog personal sehingga brand kamu semakin eksis di jagat digital.

Strategi branding dan promosi digital sendiri bisa dilakukan dalam berbagai pendekatan. Misalnya, jika kamu ingin menyasar kalangan generasi milenial maka kamu bisa memanfaatkan metode penulisan yang santai dan kasual, sementara jika kamu lebih banyak menjangkau pasar profesional maka konten yang disajikan sebaiknya juga sesuai dengan bahasa dan kebiasaan para pegiat di kalangan tersebut.

5.Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Berikutnya, website juga bisa membantu bisnis untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan mulai dari menambahkan artikel atau konten tutorial cara penggunaan produk yang baik dan benar, mempublikasikan kupon promo produk, hingga menayangkan testimoni dari pelanggan lain terkait pengalaman mereka selama memakai jasa atau produk yang kamu pasarkan.

Ingat, dalam bisnis aspek pelayanan pelanggan merupakan salah satu faktor krusial. Sekalinya pelanggan merasa kecewa, maka mereka akan berhenti menggunakan produk kamu selamanya. Jadi, jangan sampai hal ini terjadi di bisnis kamu ya!

6.Menjadikan Bisnis Lebih Mudah Ditemukan Secara Digital

Terakhir, tapi tidak kalah penting. Dengan memiliki website maka bisnis kamu akan jauh lebih mudah untuk ditemukan calon konsumen melalui internet. Kamu bisa mengoptimalkan strategi SEO website kamu, sehingga nantinya bisa muncul di halaman pertama untuk pencarian kata kunci yang potensial untuk mendatangkan calon pembeli.

Sebagai contoh, jika kamu punya bisnis jasa pembuatan website di Jogja, maka kamu bisa membidik kata kunci jasa pembuatan website Jogja atau jasa bikin website murah di jogja. Dengan begitu, bisnis kamu bisa lebih berpotensi untuk mendapatkan atensi dari orang-orang yang ingin punya website.

Itulah beberapa alasan kenapa bisnis online harus memiliki website. Di era digital seperti sekarang, peran website memang tidak bisa dianggap enteng, karena sebagian besar transaksi, aktivitas promosi, hingga layanan konsumen saat ini sudah dilakukan secara digital, dan website bisa mengakomodir berbagai hal tersebut. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat website bisnis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *